Teori belajar mempelajari cara dan tipe belajar.
Belajar adalah:
·
perubahan yang
relative menetap pada perilaku sebagai akibat dari pengalaman
·
perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah
laku sebagai akibat dan hasil pengalaman terdahulu (Morgan)
Terdapat tiga teori belajar,yaitu:
11. Behavioral
Pandangan yang
menyatakan perilaku yang dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati,
bukan dengan proses mental.
Teori ini mempelajari
bagaimana individu membuat hubungan antara pengalaman dan perilaku.
Contoh aplikasi:
mahasiswa yang rajin belajar agar mendapat konsekuensi berupa nilai yang baik.
Tokoh-tokoh:
- Ivan Pavlov: Classical Conditioning
- Edward Lee Thorndike: Law of Effect
- B.F. Skinner: Operant Conditioning
22. Kognitif
Semua kegiatan
belajar menggunakan hubungan-hubungan
bagian dan keseluruhan. Teori dasarnya adalah teori Gestalt.
Tingkat kejelasan
dan keberartian dari apa yang diamati dalam situasi belajar lebih meningkatkan kemampuan
belajar daripada hukuman.
Contoh aplikasi:
anak yang berasal dari keluarga dokter memiliki motivasi untuk menjadi dokter
juga.
Tokoh-tokoh:
- Kofka
- Kohler:
insight/”AHA”
- Piaget :
Tahap-tahap belajar
33. Humanistik
Memahami perilaku
seseorang dari sudut perilaku, bukan pengamat.
Bebas memilih
kualitas hidup.
Contoh aplikasi: Orang yang lapar dan haus tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya sehingga tak dapat belajar dengan baik.
Tokoh-tokoh:
- Maslow: hierarki
kebutuhan Maslow
- Rogers:
experienced learning
- Combs: mengubah
persepsi, misalnya : seseorang yang menyukai fast food, tidak peduli bagaimana
buruk pun fast food itu bagi kesehatanya tetap akan suka pada fast food.
No comments:
Post a Comment