Monday, June 3, 2013

Gender

GENDER


Disusun Oleh :
Kelompok 2
Eka Sartika                             (121301007)
Iqbal Purnandang                    (121301043)
Juliana Eka Putri                     (121301055)
Try May Syarah                      (121301083)



Fakultas Psikologi
Universitas Sumatera Utara
2013
            

BAB I
Gender dan Orientasi Seksual
Jenis kelamin seseorang dedefinisikan melalui alat reproduksinya,sedangkan gender seseorang didefinisikan sebagai pengalaman psikologis sebagai  seorang pria atau wanita. Pada sebagian besar kasus, jenis kelamin seseorang sama dengan gendernya, namun ada kalanya seseorang dengan alat reproduksi pria merasa memiliki gender wanita dan sebaliknya.
Terdapat dua aspek penting gender: identitas gender dan peran gender. Identitas gender merupakan pandangan seseorang mengenai apakah dirinya seorang pria atau wanita. Identitas gender merupakan bagian dari kepribadian kita dan merupakan komponen sentral self-concept. Sedangkan peran gender merupakan perilaku yang konsisten menunjukkan apakah kita adalah pria atau wanita atau seberapa seseorang dianggap “masculine” atau “feminine” menurut budaya tertentu.
Istilah seksualitas mengacu pada perilaku yang kita lakukan untuk mendapatkan kenikmatan seksual dan seluruh perasaan dan kepercayaan  yang dijalin dengan perilaku seksual. Sebuah aspek dari psikologis kita yang merupakan bagian dari seksualitas dan identitas sesual yaitu orientasi seksual­­ --- kecenderungan untuk memilih pasangan romantis atau seksual dengan jenis kelamin yang sama atau berbeda.
1.     1 Identitas Gender dan Peran Gender
Identitas gender diidentifikasikan melalui alat kelamin segera setelah seorang bayi dilahirkan (bahkan sebelumnya melalui USG). Para orang tua memberikan nama pada bayi sesuai dengan identitas gender mereka serta menyambut perilaku bayi laki laki atau wanita yang baru lahir tersebut dengan ekspektasi budaya tersendiri. Anak akan dengan cepat belajar mengenai perilaku gender yang diharapkan dari mereka
Peran gender merupakan perilaku dan karakteristik dimana suatu budaya mengekspektasi pria dan wanita berdasarkan seks biologis mereka. Anggota dari suatu budaya mengelompokkan perilaku sebagaimana perilaku tersebut cocok dan diharapkan dari pria dan wanita. Perilaku “feminin” diharapkan dari wanita sedangkan perilaku “maskulin” diharapkan dari pria.
Studi awal mengenai peran gender menunjukkan bahwa “maskulin” dan “feminin” merupakan dua kategori diskrit yang sesuai dengan jenis kelamin biologis seseorang (hanya maskulin atau hanya feminin). Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa peran gender merupakan serangkaian tingkatan, dimana orang-orang menunjukkan kedua sifat masculine dan feminine dengan tingkatan yang berbeda-beda.
Terdapat dua alasan mengenai perubahan cara pikir ini. Pertama, maskulinitas dan femininitas tidak berlawanan satu sama lain, melainkan dua dimensi yang berbeda. Kedua, pria dan wanita dapat sama-sama menjadi maskulin dan feminin sekaligus. Seseorang yang memiliki karakteristik maskulin dan feminin disebut androgynous. Contohnya, di Amerika Serikat pada zaman sekarang, wanita atau pria yang sensitive dan ekspresif secara emosional (dulunya merupakan sifat feminine) dan kuat, mandiri serta kompetitif (sifat maskulin) disebut juga androgynous.
1.     2 Persamaan Gender dan Perbedaan Gender
Banyak orang khawatir bahwa informasi tentang perbedaan antara kedua jenis kelamin akan mendorong pandangan seksis wanita. Psikolog Alice Eagly dan Diane Halpern (2004) berpendapat bahwa pengetahuan tersebut penting. Mereka menganjurkan penggunaan metode ilmiah dan standar untuk memahami perbedaan antara wanita dan pria, asalkan kita ingat bahwa ‘perbedaan’ tidak berarti ‘inferior’ atau lebih rendah. Kita harus berhati-hati untuk tidak membiarkan bukti ilmiah tentang rata-rata perbedaan seks memperkuat stereotip gender yang menimbulkan prasangka.
Perbedaan Gender dalam Kekuatan Fisik dan Keterampilan
Hanya wanita yang dapat menjadi hamil, melahirkan, dan menyusui bayi. Selain itu, rata-rata pria memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang lebih besar daripada wanita. Ada juga bukti yang jelas bahwa pria biasanya dapat melemparkan objek lebih jauh dan dengan keakuratan yang lebih tinggi. Meskipun kekuatan dan keuntungan melempar ini kurang penting dalam kehidupan kontemporer, banyak psikolog percaya perbedaan fisik dan reproduksi memberitahu kita sesuatu tentang asal-usul perbedaan gender.
Perbedaan Gender dalam Kemampuan Kognitif dan Prestasi
Secara keseluruhan, wanita dan pria sama dalam hal prestasi kognitif dan akademik. Tidak ada perbedaan gender dalam keseluruhan kecerdasan atau prestasi dalam kebanyakan mata pelajaran sekolah, tapi ada di beberapa wilayah di mana wanita lebih unggul dan beberapa daerah lain pria lebih unggul. Rata-rata, wanita melakukan sesuatu lebih baik daripada pria dalam berbagai keterampilan bahasa, memori verbal, kecepatan persepsi, dan keterampilan motorik halus, sedangkan pria berperforma lebih baik dari wanita dalam matematika, ilmu pengetahuan, dan ilmu-ilmu sosial. Sebagian besar perbedaan gender ini cukup kecil, tapi rata-rata pria cenderung menerima skor yang lebih tinggi pada tes penalaran spasial dan mekanik, perkiraan dari kecepatan benda yang bergerak, dan navigasi melalui ruang tiga dimensi. Perbedaan gender ini telah ditemukan di banyak budaya di seluruh dunia.
Pada wanita rata-rata skor yang lebih tinggi daripada pria pada ujian
Pada pria rata-rata skor yang lebih tinggi daripada wanita pada ujian
Keterampilan bahasa
Penalaran spasial dan mekanik
Pemahaman dalam membaca
Prestasi Matematika
Mengeja
Prestasi Ilmu pengetahuan
Memori verbal dan spasial
Ilmu komputer
Kecepatan persepsi
Prestasi Ilmu sosial
Keterampilan motoric halus
Keterampilan elektronik, otomotif, dan pertokoan

Orang dengan nilai matematika yang sangat tinggi mewakili hanya sebagian kecil dari tenaga kerja, bahkan bidang ilmiah dan teknik. Sebuah alasan kuat lain untuk sukses yang lebih besar dari pria di bidang ilmiah dan teknologi mungkin merugikan terhadap wanita, dan menjadi hambatan dalam pikiran wanita sendiri. Sangat penting untuk menjadi catatan bahwa wanita menerima nilai sekolah yang lebih tinggi dalam kursus matematika di semua tingkat kelas, meskipun nilai rata-rata mereka pada tes yang mengukur kemampuan matematika sedikit lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa wanita benar-benar lebih baik siap untuk karir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Wanita cenderung untuk menghubungkan keberhasilan mereka dalam kursus matematika pada kerja keras, sedangkan pria lebih mungkin untuk menghubungkan keberhasilan mereka kemampuan intelektual. Perbedaan dalam cara wanita dan pria berpikir tentang keberhasilan mereka dalam kursus matematika memainkan peran penting dalam bagaimana mereka mendekati karir yang melibatkan matematika.
Susan Chapman dan rekan-rekannya melakukan penelitian kepentingan tentang karir wanita di antara mahasiswa memasuki Barnard College. Chapman menemukan bahwa ketertarikan wanita dalam karir yang melibatkan matematika tidak berkaitan dengan nilai mereka pada tes kemampuan dan prestasi metematika. Di sisi lain, wanita yang melaporkan lebih cemas tentang keterampilan mereka dalam matematika kurang tertarik dalam berkarir dalam ilmu pengetahuan tanpa kemampuan matematika mereka. Ini menunjukkan bahwa kurangnya kepercayaan dalam matematika mungkin penghalang yang signifikan bagi wanita.
Perbedaan Gender dalam Emosi dan Perilaku Sosial
Perbedaan gender dalam sosial dan emosional cenderung besar daripada perbedaan gender di performa kognitif. Banyak studi menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin daripada pria dalam hal mengayomi dan mengasuh, ramah, membantu, terbuka, dapat dipercayai, koperatif, dan mampu untuk menyembunyikan emosi mereka. Sebaliknya, pria lebih cenderung menjadi kompetitif, dominan dan tegas. Wanita lebih cenderung menjadi cemas, depresi, dan memiliki rendah harga diri. Pria, di sisi lain, lebih mungkin untuk terlibat dalam agresi fisik dan perilaku berisiko dan lebih cenderung melakukan sebagian jenis kejahatan. Mengetahui jenis kelamin seseorang tidak dapat menjadi acuan untuk mengetahui kepribadiannya.

Pada wanita, rata-rata lebih cenderung
Pada pria, rata-rata lebih cenderung
Pemelihara dan simpatik
Menjadi kompetitif dan dominan
Menjadi ramah
Bersikap tegas
Menjadi percaya dan terbuka
Melakukan kebanyakan jenis kejahatan (terutama kejahatan seks)
Menjadi kooperatif dan penengah
Tidak takut resiko
Terlibat dalam agresi verbal tidak langsung
Terlibat dalam agresi fisik
Menjadi cemas atau tertekan
Memiliki harga diri yang tinggi
Dapat menyembunyikan emosi dengan lebih baik


Perbedaan Gender dalam Pernikahan dan Perilaku Seksual
Berdasarkan pada banyak kebudayaan, pria lebih sering dan lebih suka berpikir tentang seks daripada wanita. Banyak studi yang dilakukan di banyak budaya menunjukkan bahwa wanita dan pria juga berbeda dalam hal yang berkaitan dengan perilaku seksual dan pemilihan pasangan. Pria cenderung memilih pasangan yang lebih muda dan menarik secara fisik tetapi yang memiliki keterampilan rumah tangga yang baik. Rata-rata, pria secara seksual cemburu dan mengontrol pasangan mereka tetapi lebih cenderung merasa nyaman dengan ide seks untuk diri mereka sendiri. Sebaliknya, wanita cenderung memilih pasangan yang agak tua dan yang memiliki karakter yang baik dan berpotensi berpenghasilan tinggi. Rata-rata, wanita mengatakan mereka lebih terancam oleh gagasan ketidaksetiaan emosional pasangan mereka daripada ketidakpatuhan seksual mereka, dan mereka lebih cenderung menjadi lebih intim secara seksual hanya dengan calon pasangan dalam jangka panjang.
1.     3 Asal-Usul Perbedaan Gender
Landasan pemikiran mengenai perbedaan gender saat ini didominasi oleh dua teori yang sangat berbeda. Salah satu pandangan menyatakan bahwa perbedaan biologis yang telah diwariskan antara wanita dan pria, yang telah berevolusi selama ribuan tahun yang bertanggung jawab dalam perbedaan gender dalam perilaku. Teori lainnya menunjukkan bahwa perbedaan gender dalam perilaku adalah hasil dari perbedaan dalam pengalaman belajar sosial yang terkait dengan peran gender. Pertama-tama kita akan membahas mengenai data terkini tentang perbedaan gender dalam struktur otak dan kemudian kita akan membahas dua teori utama dalam perbedaan gender ini.
Perbedaan Jenis Kelamin pada Otak
Sekarang ada bukti yang konsisten dari banyak studi pencitraan otak yang menunjukkan bahwa struktur otak pria dan wanita berbeda dalam beberapa hal, di samping perbedaan gender dalam otak yang berhubungan dengan reproduksi, juga ada bukti yang cukup dari studi manusia dan hewan yang menunjukkan bahwa perbedaan tingkat estrogen, testosteron, dan hormon seks lainnya selama kehamilan memainkan peran penting dalam penciptaan perbedaan gender dalam otak yang jelas selama masa dewasa. Secara rata-rata, korteks serebral pada pria adalah sekitar 10 persen lebih besar daripada wanita dari masa kanak-kanak sampai akhir dewasa. Perbedaan ini disebabkan volume yang lebih besar pada white matter (myelinated axon) pada pria, dengan tidak ada perbedaan gender dalam jumlah "sel-sel kelabu kecil" (gray matter yang terdiri dari badan sel neuron). Belahan otak kanan sedikit lebih besar daripada otak kiri di tingkat yang sama pada kedua jenis kelamin selama masa kanak-kanak, tetapi ketika dewasa, belahan otak kanan lebih besar pada pria. Hal ini menarik, karena sebagian besar kemampuan spasial dimediasi oleh otak kanan daripada otak kiri. Dengan demikian, ukuran belahan otak kanan yang relatif lebih besar dari pada pria konsisten dengan kemampuan spasial yang lebih baik.
Selain itu, ada perbedaan pada gender dalam corpus callosum yang tumbuh selama masa kanak-kanak sebagai neuron yang  sepenuhnya terbungkus dalam selubung mielin yang mempercepat impuls saraf. Pada masa dewasa, corpus collosum mencapai ukuran yang lebih besar pada wanita dibandingkan pria, mungkin, menunjukkan integrasi yang lebih besar dari dua belahan otak pada wanita. Konsisten dengan kemungkinan ini, perbedaan gender yang menarik telah ditemukan dalam aktivitas kortikal selama kinerja tugas verbal. Ketika wanita dewasa dan pria melakukan tugas beritme, ada aktivasi yang hanya terdapat di daerah verbal otak kiri pada pria. Sebaliknya, wanita menunjukkan aktivasi di kedua belahan otak ketika mereka melakukan tugas yang sama. Ini menunjukkan bahwa belahan otak berfungsi secara lebih terintegrasi pada wanita selama beberapa tugas bahasa. Perbedaan ini konsisten dengan kemampuan bahasa yang unggul pada wanita.
Ada juga perbedaan gender di daerah subkortikal otak. Ketika anak-anak tumbuh dewasa, ukuran amigdala meningkat lebih cepat pada anak pria daripada wanita dan memiliki ukuran yang lebih besar pada pria dewasa. Sebaliknya, ukuran hippocampus meningkat lebih cepat pada anak wanita dan lebih besar pada wanita dewasa. Perbedaan dalam amigdala dan hippocampus ini konsisten dengan beberapa perbedaan gender yang dijelaskan sebelumnya. Meskipun amigdala dan hippocampus bermain peran di kedua memori dan emosi, amigdala lebih terkait dengan ekspresi agresi, sedangkan hippocampus memainkan peran kunci dalam memori sehari-hari dan dalam penghambatan perilaku yang pernah dihukum sebelumnya. Dengan demikian, kinerja memori yang lebih baik dari wanita dan tingkat yang lebih rendah dari agresi, konsisten dengan perbedaan gender dalam unsur-unsur kunci dari sistem lymbic. Ada juga perbedaan struktural di hipotalamus yang mungkin relevan dengan perbedaan gender dalam emosi.
Meskipun kesamaan antara perbedaan gender dalam perbedaan otak dan gender dalam perilaku bersifat provokatif, kita tidak seharusnya melebih-lebihkannya. Karena kedua otak manusia dan perilaku manusia yang rumit, dan kita tidak dapat sepenuhnya memahami hubungan antara mereka. Bahkan jika korelasi antara otak dan perilaku yang dicatat dalam bagian ini dibuktikan untuk jadi lebih bermakna, apalagi, tidak jelas apa yang mereka maksud. Di satu sisi, perbedaan biologis dalam anatomi dan fisiologi otak tentu bisa menjadi ‘penyebab’ perbedaan gender dalam kognisi dan emosi. Di sisi lain, perbedaan gender dalam otak bisa menjadi ‘hasil’ dari perbedaan gender dalam perilaku dan pengalaman. Struktur otak tidak tetap pada saat lahir tetapi dapat berubah sepanjang masa hidupnya, dan variasi dalam pengalaman dapat membuat perubahan dalam anatomi dan fisiologi otak. Fakta bahwa sebagian besar perbedaan antara otak pria dan wanita tidak jelas sampai ketika mereka dewasa adalah konsisten dengan kemungkinan bahwa perbedaan gender dalam perilaku dan pengalaman menghasilkan perbedaan gender dalam otak. Masih terlalu dini untuk memilih antara dua kemungkinan-terutama karena keduanya bisa benar sampai batas tertentu

Psikologi Evolusioner dan Perbedaan pada Gender
Charles darwin (1871) menyatakan bahwa pria dan wanita di banyak spesies berbeda dalam penampilan fisik dan perilaku karena tekanan evolusioner masa lalu pada dua jenis kelamin yang berbeda. Artinya, kekuatan alam yang menentukan bahwa beberapa gen akan bertahan, sedangkan gen lain akan binasa, kadang-kadang berbeda untuk wanita dan pria dalam pandangan Darwin.
Gagasan Darwin tentang kekuatan yang berbeda dari seleksi alam pada wanita dan pria telah menjadi dasar satu teori asal-usul perbedaan gender manusia. Menurut teori evolusi perbedaan gender, perbedaan gender muncul dari dalam-bentuk gen yang dipilih oleh tekanan evolusioner lama. Prinsip hipotesis teori evolusi menyatakan bahwa perbedaan gender muncul karena leluhur wanita dan pria menghadapi tekanan evolusi yang berbeda selama era Pleistocene ketika manusia mencari nafkah dengan berburu binatang dan mengumpulkan tanaman liar untuk dijadikan makanan. Tekanan yang berbeda ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa reproduksi mamalia didasarkan pada inseminasi dari wanita oleh pria, diikuti oleh periode panjang kehamilan dan membesarkan anak. Menurut teori ini, pola reproduksi memiliki beberapa implikasi yang menyebabkan evolusi dari perbedaan gender yang dijelaskan sebelumnya:
1.      Tekanan evolusioner terkait dengan berburu. Teori evolusi percaya bahwa pria yang kuat, pria pemberani yang bisa melempar senjata dengan akurat lebih mungkin untuk bertahan hidup dan bereproduksi. Ada juga beberapa bukti bahwa kemampuan spasial merupakan dasar pada pria modern, yang mana mereka memiliki kinerja agak lebih baik pada tes kemampuan matematika. Ini menunjukkan bahwa seleksi alam dari pemburu terbaik yang juga menyebabkan pria itu memiliki keterampilan matematika yang agak kuat. Jadi, dari beberapa generasi, pria  yang unggul sebagai pemburu menyebabkan beberapa perbedaan gender
2.      Seleksi evolusi dominansi dan agresi. Pria bisa bereproduksi hanya jika mereka bisa mendapatkan akses ke wanita yang subur. Salah satu faktor yang meningkatkan kemungkinan kawin dengan wanita dimaksud adalah bila pria lebih dominan, dan lebih agresif dari pesaing.
3.      Tekanan evolusioner yang diciptakan oleh perawatan anak. Perawatan anak-anak  ditangani wanita karena menyusui adalah satu-satunya cara untuk memelihara bayi dan balita. Teori evolusi menunjukkan bahwa membesarkan anak-anak tersebut lebih berhasil ketika wanita bersatu dalam kelompok yang cukup besar untuk menakut-nakuti predator yang mungkin membunuh anak-anak mereka. Karena wanita, yang mana memelihara bayi mereka, yang paling mungkin untuk menjadi orangtua yang berhasil dan karena wanita yang ramah, kooperatif, verbal dan kurang dalam agresi fisik yang paling mungkin untuk diterima dalam kelompok, wanita dengan sifat-sifat ini lebih mungkin untuk bertahan hidup dan mewariskan gen ini untuk generasi masa depan wanita. Dengan demikian, kebutuhan wanita untuk membesarkan anak-anak dalam kelompok menciptakan tekanan evolusi yang membentuk fungsi sosial, emosional, dan kognitif mereka.
4.      Tekanan evolusioner yang diciptakan oleh perbedaan gender dalam investasi orangtua. Karena wanita dapat melahirkan anak dengan jumlah yang relatif kecil, itu penting bahwa setiap keturunan bertahan jika gen ibu ingin diteruskan. Sebaliknya, karena satu-satunya kontribusi reproduksi pria untuk bereproduksi adalah dengan bersetubuh, mereka bisa memaksimalkan peluang bertahannya gen mereka dengan melakukan hubungan seks dengan banyak wanita subur yang lain. Menurut teori evolusi, pria cenderung lebih menyukai wanita yang masih muda, menarik dan memiliki karakteristik wajah, pinggul dan payudara yang menarik yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi dan kesuburan. Fakta bahwa pembuahan tersembunyi di dalam tubuh wanita juga memberikan kontribusi terhadap tekanan evolusioner yang berbeda untuk kedua jenis kelamin. Meskipun wanita selalu tahu dia adalah ibu dari anak-anak yang ia melahirkan, pria tidak bisa memastikan dia adalah ayah, wanita bisa melakukan hubungan seks dengan pria lain tanpa sepengetahuannya. Fakta-fakta kehidupan reproduksi berarti bahwa tingkat investasi orangtua pria di setiap keturunan jauh lebih rendah daripada untuk wanita, menurut teori evolusi. Teori evolusi percaya bahwa ini adalah mengapa pria modern berevolusi menjadi pencemburu dan mengontrol wanita (untuk mengurangi kemungkinan bahwa mereka akan melahirkan anak dari pria lain), tetapi nyaman dengan ide pergaulan bagi diri mereka sendiri (karena hal ini dapat meningkatkan jumlah anak-anak dengan gen mereka).
5.      Tekanan evolusioner dalam pemilihan pasangan. Karena wanita terbatas dalam kemampuan mereka untuk mengumpulkan makanan selama beberapa saat kehamilan mereka dan membesarkan anak, mereka dan keturunan mereka hampir mungkin untuk bertahan hidup jika pasangan mereka membantu dan mendukung mereka. Jadi, menurut teori evolusi, pria bersaing untuk mendapat pasangan, sedangkan wanita memilih pasangan. Wanita telah berevolusi untuk memilih pasangan yang memiliki status sosial dan keterampilan, memiliki sumber daya keuangan, dan yang memiliki karakter yang baik (yang mungkin akan menuntun mereka untuk membantu pasangan dan keturunan mereka bertahan hidup). Karena wanita tergantung pada bantuan orang selama masa leluhur, teori evolusi menunjukkan bahwa ini adalah mengapa mereka lebih cenderung untuk menjadi marah dengan perselingkuhan emosional (yang bisa berarti bahwa pria akan membantu wanita lain bertahan hidup) daripada perselingkuhan seksual.

Perbedaan Gender Menurut Teori Peran Sosial
Alternatif utama dari teori evolusi adalah teori peran sosial dalam perbedaan gender. Hipotesis utamanya adalah bahwa pembagian tenaga kerja di masyarakat dan peran sosial yang berbeda yang diciptakan bagi wanita dan pria, menyebabkan perbedaan gender secara psikologis. Artinya, perbedaan gender berbeda dalam perilaku sebagai hasil dari celah yang berbeda, tantangan, pengalaman, dan pembatasan peran sosial untuk pria dan wanita.
Seperti teori evolusi, teori peran sosial setuju bahwa beberapa perbedaan gender biologis menciptakan pembagian kerja antara jenis kelamin. Ribuan tahun lalu, realitas reproduksi biologis bagi wanita dan keunggulan kekuatan fisik yang lebih besar pada pria memimpin kebanyakan masyarakat manusia untuk menciptakan struktur sosial di mana pria memiliki kekuasaan dan status yang lebih besar. Gilirannya, perbedaan dalam status sosial dan peran yang masih ada untuk berbagai derajat di hampir semua manusia masyarakat-menyebabkan pengalaman belajar sosial yang mengajarkan pria untuk menjadi dominan, tegas, dan agresif dan mengajarkan wanita harus tunduk, kooperatif, dan bersosialisasi. Pembagian kerja mendorong wanita untuk memperoleh keterampilan domestik dan pria didorong untuk mempelajari keterampilan mengumpulkan sumber daya. Demikian pula, peran melahirkan dan menyusui dipupuk bagi kalangan wanita. Akibatnya, wanita dan pria datang lebih banyak memilih pasangan daripada menyesuaikan dengan persyaratan stereotip peran sosial masing-masing.
Seperti setiap generasi anak-anak yang disosialisasikan ke dalam peran sosial berbasis gender, peran tersebut diinternalisasikan dalam individu sebagai kualitas yang wanita dan pria berharap terdapat dalam diri mereka. Setelah peran sosial gender-spesifik diinternalisasikan, wanita dan pria mengevaluasi diri dalam hal seberapa baik mereka cocok dengan peran yang diberikan oleh masyarakat atas dasar jenis kelamin biologis mereka. Dengan demikian, peran gender menciptakan kekuatan internal untuk mempertahankan diri mereka sendiri.
Meskipun teori peran sosial menunjukkan bahwa perbedaan jenis kelamin biologis menciptakan dorongan awal untuk divisi tenaga kerja berbasis gender di masa lalu, peran gender yang terjadi pada saat ini dipengaruhi praktik lingkungan, bukan oleh gen kita. Teori peran sosial berpendapat bahwa banyak perbedaan gender yang terjadi hari ini karena tekanan sosial yang yang tersisa dari masa lalu. Selain itu, karena peran gender berubah dalam masyarakat kontemporer, perbedaan psikologis antara wanita dan pria juga berubah. Sadar atau tidak sadar, pria menentang perubahan sosial yang mengancam kekuasaan mereka, dan wanita mungkin merasa pola perilaku yang tidak sesuai dengan peran gender internal mereka tidak nyaman pada awalnya. Jadi, meskipun  perubahan pada peran gender yang kuno diharapkan, hal tersebut terkadang dapat berjalan dengan lambat.
Claude Steele (1997) dari Stanford University telah membahas pengaruh peran gender yang diinternalisasi pada kinerja kognitif. Dia menyebutkan bahwa orang berhasil dalam pelajaran sekolah hanya ketika prestasi merupakan bagian dari definisi diri mereka sendiri. Sebagai contoh, jika seorang wanita tidak percaya bahwa "saya orang yang bisa unggul dalam program teknik mesin," sangat tidak mungkin bahwa dia akan mendapat nilai bagus. Steele (1997) berpendapat bahwa pandangan wanita Amerika Utara disosialisasikan untuk melihat diri mereka sebagai orang yang kompeten dalam matematika dan teknik, tapi banyak pria juga dapat melakukannya. Ini adalah perbedaan-perbedaan dalam sosialisasi, daripada perbedaan biologis, yang ia percaya membuat perbedaan kinerja.
Dukungan empiris untuk pandangan Steele (1997) berasal dari eksperimen di mana harapan tentang kinerja dimanipulasi. Dalam satu studi, wanita dan pria diminta untuk melakukan tes  keterampilan dan konsep matematika yang sulit. Setengah dari peserta diberitahu bahwa itu adalah tes keterampilan dan konsep matematika. Setengah dari peserta diberitahu bahwa itu adalah sebuah ujian yang menunjukkan pria mengungguli wanita, sedangkan peserta yang tersisa diberitahu bahwa itu adalah tes yang menunjukkan tidak ada perbedaan gender. Ketika peserta dibuat mengharapkan perbedaan gender dalam kinerja, pria menjawab dengan benar tiga kali lebih banyak dari wanita. Ketika mereka dituntun untuk percaya bahwa tidak akan ada perbedaan gender, hasil yang didapat baik pria maupun wanita sama baiknya. Dengan demikian, harapan perbedaan gender ternyata dapat membuat perbedaan gender dalam kinerja kognitif.
Dukungan tambahan untuk teori sosial-peran berasal dari studi mengenai apakah perbedaan seks biologis seseorang atau identitas gender yang lebih berperan dalam kinerja kognitif. Kalichman (1989) menemukan bahwa kinerja pada tugas penalaran spasial (pria cenderung lebih baik) diperkirakan lebih baik pada peserta berstereotip maskulin dibandingkan anggota dari jenis kelamin pria. Artinya, baik pria maupun wanita yang lebih "maskulin" melakukannya dengan lebih baik pada tugas ini daripada peserta yang-walaupun pria-kurang maskulin. Demikian pula, sejumlah studi menunjukkan bahwa pria dan wanita yang ditandai dengan peran gender androgini (tinggi di kedua maskulinitas dan feminitas) melakukan berbagai tugas kognitif dengan lebih akurat.
1.     4 Perkembangan Identitas Gender dan Peran
Pada usia 2 atau 3 tahun, seorang anak sudah mengenali jenis kelaminnya sendiri dan ditunjukkan melalui perilakunya dalam bermain, misalnya anak wanita lebih cenderung memilih bermain boneka daripada anak pria.
Pada usia 7 tahun, ketika anak mencapai tahap concrete operational, barulah anak dapat benar-benar mengerti konsep yang stabil mengenai perbedaan gender. Sebelumya, mereka hanya melihat dari aspek fisik.
Identitas Gender Menurut Teori Psikoanalisa
Sigmund Freud mengatakan bahwa anak-anak biasanya mengikuti perilaku dari orang tua mereka,ini disebut juga dengan identifikasi.Freud berasumsi bahwa anak ingin memenangkan hati orang tua mereka dan menghindari penolakan. Anak-anak mengadopsi peran “Ibu” atau “Ayah” karena dua alasan. Pertama, mereka takut pada orang tua mereka yang dianggap berkuasa sehingga mereka mengadopsi perilaku orang tua dengan jenis kelamin yang sama. Kedua, mengadopsi identitas gender dari orang tua dengan gender yang sama, diharapkan akan menarik perhatian orang tua dengan gender sebaliknya.
Identitas Gender Menurut Teori Social Learning
Albert Bandura mengatakan bahwa anak-anak mempelajari identitas gender mereka dengan mengamati orang dewasa dan saudara yang lebih tua serta penguatan dan hukuman mengenai perilaku gender mereka. Maksudnya adalah, anak-anak cenderung meniru perilaku dari pria maupun wanita,tetapi orang tua dan lingkungan sosial lah yang mengarahkan mereka dengan adanya penguatan untuk peran gender yang benar dan hukuman untuk yang salah. Maka dari itu, teori social learning menyatakan bahwa peran gender bukan sesuatu yang diturunkan secara biologis, melainkan dipelajari dari masyarakat.
1.     5 Orientasi Seksual
Gender atau jenis kelamin dari orang yang dibayangkan sebagai pasangan seksual menentukan orientasi seksual seseorang. Orang yang secara seksual tertarik pada orang lain yang berlainan jenis kelamin disebut heteroseksual, sedangkan orang yang tertarik pada orang lain dengan jenis kelamin yang sama merupakan homoseksual. Kebanyakan pria homoseksual disebut gay, wanita homoseksual disebut lesbian dan orang yang tertarik pada lawan jenis maupun yang memiliki jenis kelamim sama disebut biseksual.
Stigmatisasi, Stress dan Orientasi Seksual
Pada masa ini, gay dan lesbian masih banyak di label dengan kasar di seluruh dunia. Mereka masih cenderung menghadapi akibat stress akan ketidakadilan dan jarang mencari dukungan sosial dari teman dan keluarga karena akan melibatkan orientasi seksual mereka. Menurut beberapa studi, gay dan lesbian memiliki resiko depresi, bunuh diri dan kekerasan yang lebih besar
Asal-Usul Orientasi Seksual
Psikolog John Money (1987b, 1988) menghipotesis bahwa social learning berperan dalam perkembangan homoseksualitas dikombinasikan dengan faktor biologis.
  1. Studi anak kembar menunjukkan bahwa faktor genetik cenderung menjadikan seseorang homoseksual.
  2. Terdapat bukti bahwa hormon seks yang tidak normal selama perkembangan prenatal meningkatkan kemungkinan menjadi homoseksual
  3. Banyak studi yang menyatakan bahwa pria gay memiliki lebih dari satu saudara laki-laki yang lebih tua. Karena pria yang lebih akhir lahirnya memiliki lebih sedikit hormon testosterone, ini dapat menyebabkan pengaruh hormonal dan homoseksualits. Namun, urutan kelahiran tidak menentukan homoseksualitas
  4. Terdapat bukti yang konsisten bahwa homoseksual berbeda dengan heteroseksual pada hipotalamus dan struktur otak lainnya.
Karena itu, sangat mungkin bahwa faktor genetik dan hormon prenatal menyusun otak manusia dalam hal yang meningkatkan kemungkinannya menjadi homoseksual, namun bagaimanapun, mungkin juga perubahan itu disebabkan oleh faktor pengalaman.

BAB II
Aspek Biologis dan Psikologis Seksualitas

2.     1 Anatomi Seksual dan Fungsinya
Struktur utama dari anatomi seksual wanita meliputi uterus yaitu merupakan struktur berotot berbentuk pir yang berfungsi membawa janin selama proses melahirkan. Setelah tahap pembuahan, telur yang telah difertilisasi tertanam di dinding uterus, dimana pada akhirnya tumbuh dan berkembang selama masa hamil.
Ovarium merupakan dua struktur yang memproduksi hormon estrogen dan hormon-hormon lain, dan menghasilkan telur untuk reproduksi. Tuba Fallopi merupakan pipa atau pembuluh yang berfungsi sebagai jalan agar telur sampai ke uterus. Di dasar daripada uterus adalah serviks. Serviks merupakan leher dari uterus yang tersambung ke vagina. Struktur organ kelamin luar wanita disebut yang vulva tersusun dari mons, labia mayora, labia minora dan klitoris. Mons adalah suatu gundukan yang gemuk yang berkedudukan di puncak daripada vulva, yang tertutup rambut halus. Labia mayora adalah bagian luar dari bibir vulva yang lebih besar yang mengelilingi bagian dalam bibir yaitu labia minora. Vulva merupakan struktur pada bagian atas vagina yang sensitif pada wanita selama proses terjadinya stimulasi seksual. Lipatan pada labia mayora membentuk tudung pada klitoris yang merupakan struktur bagian atas vagina yang paling responsive terhadap  stimulasi seksual.  Labia dan klitoris sama-sama memainkan peran kritis dalam respons seksual wanita.
Sistem reproduksi pria terdiri dari testis  (testicles) merupakan kelenjar endokrin pria yang memproduksi hormon dan sel sperma. Kemudian ada yang disebut epididimis yaitu merupakan struktur yang menahan sel-sel sperma hingga ejakulasi sampai sperma diproduksi kembali di testis dan terhubung ke vas deferens. Vas deferens adalah struktur/saluran yang membawa sperma dari epididimis keluar tubuh selama ejakulasi. Sel-sel sperma dibawa didalam suatu cairan yang disebut semen, yang diproduksi oleh kelenjar prostat dan seminal vesicle.
Organ kelamin pria dan wanita memang distrukturkan untuk hubungan seksual. Organ kelamin eksternal pria terdiri atas penis dan scrotum. Penis adalah struktur berbentuk tabung yang terisi oleh tiga tuba kenyal yang berisi darah selama terjadi respons seksual. Scrotum adalah sejenis kulit yang agak kendor yang diperluas di belakang penis dan menyokong testis.  Scrotum merespon terhadap perubahan temperatur, berkontraksi saat udara dingin dan relaks saat udara panas, untuk menjaga temperatur optimal untuk produksi sperma.
Siklus Respon Seksual
Respon manusia terhadap stimulus seksual membawa respon biologis yang dapat diproduksi yang diketahui sebagai siklus respon seksual. Meskipun ada beberapa kesamaan antara siklus respon seksual antara pria dan wanita, ada juga perbedaan penting didalamnya. Ada empat tahapan dalam siklus respon seksual (Master and Johnson 1966) :
1.      Excitement phase
Baik pria maupun wanita menunjukkan adanya gairah psikologis yang disebut dengan excitement phase. Hal ini dapat dimulai dengan adanya stimulasi visual, kontak fisik, bau, fantasi dan sebagainya.  Merupakan tahap permulaan dari respon seksual dimana darah mengalir ke penis dan ke vagina, ereksi terjadi, puting menjadi ereksi, jantung berdetak kencang dan tubuh menjadi tergugah.

2.      Plateau phase
Jika stimulus seksual cukup kuat, keinginan seksual membangun dengan cepat menuju plateau phase. Memiliki karakteristik tingginya gairah yang diteruskan selama periode beberapa detik sampai menit. Tingkat kesenangan seksual pada tahap ini sangat tinggi namun belum  maksimum.
3.      Orgasmic phase
Dibawah kondisi psikologis yang baik, individu biasanya menuju ke fase refleksif yang disebut orgasm.  Ini adalah saat dimana gairah dan kenikmatan seksual berada di level puncak. Pernafasan terjadi dengan cepat, tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih kencang, kulit bersemu merah dan individu kehilangan kontrol atas otot-otot untuk beberapa waktu yang singkat . Terdapat sedikit saja variasi fase orgasme pada pria,namun terdapat tiga pola umum pada wanita (Masters & Johnson, 1966). Ada wanita yang mencapai orgasme yang intens dan singkat, ada yang mengalami puncak orgasme yang intens beberapa kali, ada pula yang mengalami beberapa kali orgasme dengan puncak yang lebih sedikit.
4.      Resolution phase
Setelah level orgasme, gairah fisik scara cepat menurun ke fase resolusi. Dalam beberapa menit, tubuh kembali ke kondisi awal respon disertai relaksasi dan kelelahan. Pada pria, fase resolusi diikuti oleh periode waktu ketika pria tidak responsif  terhadap stimulasi seksual yang lebih jauh., yang disebut periode refractory.

BAB III
Kasus
3.     1 Kasus Gender
Mr.X adalah seorang hair stylish berusia 20 tahun yang belum menikah. Saat ia masih kecil, ibunya  sering tinggal dengan ibunya yang membuka usaha salon dan 1 kakak perempuannya. Ibunya lebih mengharapkan anak perempuan daripada anak laki-laki. Ia memiliki tingkah laku agak “feminin” serta diketahui menyukai sesama jenis. Apa yang sebenarnya terjadi?
Pembahasan:
Jadi, Mr.X sejak kecil tinggal dengan hanya perempuan dan selalu dekat dengan saudara perempuan serta ibunya. Sehingga ia menjadi perilaku yang “feminin” sesuai dengan ekspektasi ibunya yang mendistorsi peran gender Mr.X sebagai pria. Selain itu, orientasi seksual Mr.X terjadi dapat dikarenakan faktor lingkungan dan biologis,dimana menurut teori Albert Bandura, ia belajar mengenai gendernya dari perilaku ibu dan saudarinya. Dan secara biologis, ia memiliki hormon estrogen yang lebih banyak dibanding testosteron.


DAFTAR PUSTAKA

Lahey, Benjamin B. 2007. Psychology: An Introduction. New York: McGraw-Hill Companies

No comments:

Post a Comment